Pantangan Makanan dan Kebiasaan Ibu Hamil

293 views

teodveac.Info – Pantangan Makanan dan Kebiasaan Ibu Hamil

Pantangan Makanan dan Kebiasaan Ibu Hamil

Mempunyai keturunan adalah dambaan semua pasangan. Oleh sebab itu, wajar jika momen hamil banyak diharapkan. Hamil memang sesuatu yang membahagiakan sebab wanita juga pria selangkah lagi mendapatkan kehidupan yang baru yakni menjadi seorang ibu dan juga ayah. selain membahagiakan, sesungguhnya masa hamil juga merupakan masa yang rawan. Ibu yang hamil dituntut untuk menghindari beberapa hal agar ia dan janinnya sehat sampai proses persalinan selesai. Berikut ini beberapa pantangan ibu hamil yang bisa dijadikan acuan dalam merawat kesehatan janin dalam perut ibu.

Pantangan Terkait Makanan

Pantangan ibu hamil terkait dengan makanan cukup banyak. Kita sering mendengar bahwa ibu yang sedang hamil dilarang untuk mengkonsumsi kopi karena kandungan kafeinnya tidak baik bagi ibu yang hamil. Hal ini tidak sepenuhnya salah pun benar. Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi kopi tetapi dalam takaran yang tidak berlebihan. Dan perlu diingat bahwa sumber kafein tak hanya kopi tetapi juga teh, coklat, minuman berkarbonasi, minuman ebergi dan masih banyak lagi lainnya.


Pantangan selanjutnya adalah tidak mengkonsumsi pemanis buatan dan juga makanan kalengan yang cenderung mengandung komponen bahan kimia yang tinggi. Pemanis buatan misalnya, jika dikonsumsi akan berakibat buruk pada perkembangan otak bayi dan kabarnya bisa menurunkan kualitas IQ bayi. Sementara itu, makanan kalengan dengan bahan kimia bisa saja mempengaruhi kesehatan bayi  Anda. Jadi lebih baik memasak bahan segar langsung daripada menjejali perut dengan bahan kimia, bukan?


Makanan lain yang menjadi pantangan ibu hamil adalah masakan yang terlalu mentah dan terlampau masak. Makanan yang masih mentah bisa mengandung bakteri dan berbahaya saat dikonsumsi. Sementara itu, masakan yang terlalu matang mengandung sedikit nutrisi. Jadi, tingkat kematangan juga harus diperhatikan!

Pantangan Terkait Pola Kebiasaan
Pantangan ibu hamil terkait perilaku cukup banyak. Misalnya, tidak menggunakan sepatu dengan tumit tinggi sebab akan menambah beban pada kaki ibu.  Tidak mengkonsumsi alkohol juga  tidak merokok sebab secara medis bisa membuat janin cacat dan bahkan keguguran. Karena itu lebih baik hindari asam rokok. Meski pasif, akibat rokok juga bisa terasa loh! Pantangan selanjutnya adalah menghindari kegiatan yang berat, tidak memaksakan diri untuk mengangkat barang dan lain-lain.

Pantangan ibu hamil lainnya terkait dengan posisi tidur. Jangan sering tidur dengan posisi tengkurap sebab akan membuat bayi dalam perut Anda tergencet. Posisi miring ke samping kiri maupun kanan adalah pilihan yang baik. Hal selanjutnya yang tak boleh dilakukan oleh ibu hamil adalah bercinta di usia rawan, misalnya pada usia kehamilan trimester pertama. Jika dilakukan dengan posisi yang salah bisa berakibat buruk pada janin.

Hal lain yang tidak boleh dilakukan adalah mengambil barang dengan cara membungkuk. Hal ini akan menekuk perut Anda, mom! Sebaiknya ambil barang dengan cara jongkok terlebih dahulu. Pantangan terakhir selanjutnya adalah tidak membiasakan diri untuk mandi di air hangat saat hamil, sebab akan merangsang rahim untuk berkontraksi.

Masih ada banyak pantangan ibu hamil lainnya yang wajib Andaketahui. Untuk lebih lengkapnya, ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pantangan Makanan dan Kebiasaan Ibu Hamil, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pantangan Makanan dan Kebiasaan Ibu Hamil berguna untuk anda.

Leave a reply "Pantangan Makanan dan Kebiasaan Ibu Hamil"