Tips Mengajukan Pinjaman dengan Cicilan Ringan

36 views

Setiap orang tentu memiliki keinginan untuk memenuhi segala kebutuhannya, jadi mereka harus bekerja agar bisa mendapatkan penghasilan dan dari penghasilan tersebut diharapkan dapat memenuhi segala kebutuhannya. Namun apabila dalam kondisi tertentu ternyata penghasilan yang didapatkan dari bekerja tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka beberapa orang menempuh cara lain yaitu dengan mengajukan pinjaman kepada pihak lain. Pinjaman ini biasanya dilakukan akibat dari kebutuhan yang sangat mendesak dan bersifat segera. Biasanya orang akan mengajukan pinjaman kepada pihak lain, dengan memilih kira-kira mana pinjaman dengan cicilan ringan dan bunga yang tidak terlalu memberatkan. Beberapa produk keuangan yang bisa dicoba yaitu pinjaman uang tanpa jaminan online, disini Anda bisa mendapatkan pinjaman secara online dengan mudah dan cepat. Produk keuangan lain yang bisa dijadikan solusi untuk memecahkan masalah dan lebih terpercaya karena merupakan lembaga resmi pemerintah yaitu dengan memilih model pinjaman ke lembaga syariah. Dengan model pinjaman berbasis syariah, maka dijamin pinjaman yang diberikan akan lebih meringankan. Produk keuangan syariah biasanya menawarkan pinjaman dengan cicilan ringan, dan tanpa bunga.

kredit-multiguna.518630468

Pinjaman dengan Cicilan Ringan Berbasis Syariah yang Menguntungkan Nasabah

Pinjaman syariah yaitu kredit yang diberikan kepada nasabah, yang sebelumnya telah memiliki akad jual beli dengan cara pembayaran mencicil berdasarkan batasan waktu yang telah ditentulan oleh lembaga keuangan syariah yang bersangkutan. Dengan memberikan pinjaman berbasis syariah, tentu hal ini akan lebih menguntungkan tidak hanya nasabah, tetapi juga bagi para pemberi pinjaman, baik yang berbentuk lembaga keuangan maupun yang lainnya. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika pengajukan pinjaman syariah antara lain yaitu persyaratan untuk pengajuan pinjaman dengan cicilan ringan secara syariah dijamin mudah dan tidak menggunakann survey yang rumit, total uang yang harus Anda bayarkan kembali akan bisa dihitung pada awal pengajuan, jadi Anda dapat jauh-jauh hari memersiapkan mengenai jumlah cicilan yang harus dibayarkan dalam periode tertentu. Keunggulan lain yaitu karena produk keuangan ini menggunkan prinsip syariah maka sudah dapat dipastikan bahwa tingkat suku bunganya akan jauh lebih ringan jika dibandinkan dengan lembaga keuangan konvensional lainnya. Untuk dapat mengajukan kredit syariah, Anda bisa mengikuti beberapa rangkaian cara berikut ini :

  1. Anda dapat mengajukan pengajuan kredit terlebih dahulu dan menentukan jumlah uang yang akan Anda pinjam.
  2. Setelah memenuhi persyaratan administrasi, Anda akan diminta untuk wawancara kepada petugas survey. Survey ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keuangan Anda.
  3.  Kemudian jika pinjaman Anda disetujui Anda akan langsung diberikan uang kreditnya dan sebelum itu juga Anda akan diberitahu mengenai jumlah uang yang harus Anda bayar dalam setiap jangka waktu cicilan yang telah ditentukan.
  4. Pada sistem pinjaman syariah, Anda akan berkenalan dengan istilah “murabahah”, hal ini merupakan istilah perjanjian jual beli antara nasabah dengan bank. Murabahah adalah sebagai akad jual beli dalam melakukan pinjaman berbasis syariah.

Tidak seperi halnya bank konvensional lain yang menggunakan sistem bunga, di lembaga syariah sistem bunga ditiadakan dan diganti dengan sistem akad, atau sistem perjanjian yang telah disepakati bersama antara pihak bank dan pihak nasabah. dimana akad ini memiliki beberapa sifat antara lain bersifat bagi hasil, jual beli, persewaan dan pergadaian. Contoh akad atau perjanjian bagi hasil yaitu mudharabah dan musyarakah. Lalu untuk akad dalam sistem syariah yang bersifat jual beli antara lain murabahah, salam, dan istishna. Kemudian akad yang berkaitan dengan persewaan yaitu ijarah, sedangkan akad mengenai gadai atau rahn dan akad qadhul hasan.

Pada saat pemberitahuan mengenai jumlah uang yang harus dibayarkan, terlebih dahulu Anda akan melakuan akad, atau perjanjian. Akad atau perjanjian ini merupakan salah satu syarat, ketika mengajukan peminjaman dengan cicilan ringan secara syariah. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah pastikan jumlah bunga yang ditawarkan rendah, diskusikan mengenai ketentuan yang berlaku pada lembaga keuangan resmi, atau Anda dapat tanyakan langsung dengan karyawan atau staf bank yang bersangkutan. Biasanya lembaga keuangan syariah tidak membebankan bunga pada setiap pinjaman yang diberikan kepada nasabahnya, itu artinya dengan memilih produk keuangan syariah diharapkan Anda dapat mendapatkan pinjaman uang tanpa khawatir dengan resiko bunga yang terlalu tinggi seperti halnya pada produk keuangan konvensional lainnya.

Beberapa hal yang membedakan pinjaman syariah dengan produk keuangan konvensional lain antara lain yaitu jika dilihat dari bunga. Pada keuangan berpirinsip syariah kredit berbunga tidak diizinkan atau diperbolehkan karena itu termasuk dalam riba yang dilarang di dalam ajaran Islam, sehingga dalam prinsip syariah, tidak diajarkan sistem bunga melainkan sistem akad murabahah (jual beli), musyawahah mutanasihah (capital sharing) dan ijarah wa iqtina (sewa dengan perubahan kepemilikan). Jika dilihat dari resiko yang mungkin kan ditanggung oleh masing-masing pihak entah dari peminjam maupun lembaga yang memberikan pinjaman. Pembiayaan konvensional pada umumnya nasabah akan menanggung seluruh resiko jika tidak bisa membayar kembali cicilan yang telah disepakati, namun dalam prinsip syariah pihak bank ikut menanggung sebagian risiko tersebut, sehingga tidak menjadi tanggungan nasabah sepenuhnya.

Keunggulan lain yang bisa didapat dari pembiayaan syariah dan tidak ditemukan dalam prinsip keuangan konvensional lain yaitu bank Syariah menawarkan pembiayaan khusus untuk barang modal dan untuk pendidikan, beberapa jenis produk keuangan yang ditawarkan oleh lembaga keuangan syariah antara lain yaitu Muamalat Kredit Modal Kerja Mikro, kepemilikan Multiguna Bank Vitoria Syariah dan Warung Mikro (Bank Syariah Mandiri). Warung Bank Mikro dibagi menjadi tiga macam yaitu pembiayaan usaha Mikro Utama, Pembiayaan Usaha Mikro Madya dan Pembiayaan Usaha Mikro Tunas. Mengenai Kepemilikan Multiguna Bank Victorian Syariah, memfasilitasi pembiayaan kepemilikan barang konsumtif untuk nasabah dengan sistem akad Murabahah yang mana Bank Victorian Syariah menjual barang kepada nasabah dengan harga sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang telah disepakati bersama.

 Dengan beberapa keuntungan yang telah dijabarkan tentunya sudah cukup memberi alasan bahwa mengajukan pinjaman dengan cicilan ringan di lembaga keuangan syariah lebih aman, ringan resiko dan tentu saja halal. Kini Pinjaman berbasis syariah, dapat menjadi pilihan Anda dalam menyelesaikan masalah financial, selain karena tidak akan dikenai bunga tinggi, prinsip syariah juga memiliki produk keuangan lain yang bergerak dalam bidang barang modal yang hal ini tidak ditemukan di produk keuangan bank konvensional lainnya.

Tentunya Anda sebagai nasabah berhak memilih dan mempertimbangkan keputusan-keputusan mengenai resiko dan keuntungan atas pilihan produk keuangan yang Anda pilih nantinya. Beberapa produk keuangan lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba yaitu pinjaman tanpa jaminan dan kartu kredit, disini Anda dapat mendapatkan pinjaman uang dalam waktu singkat tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Segala keputusan keuangan ada ditangan Anda, dengan beberapa pertimbangan-pertimbangan yang telah dijelaskan di atas, diharapkan Anda dapat memilih solusi financial untuk menyelesaikan berbagai masalah keuangan Anda.

Leave a reply "Tips Mengajukan Pinjaman dengan Cicilan Ringan"