Unsur – Unsur Perencanaan

178 views

teodveac.Info – Unsur – Unsur Perencanaan

Unsur – Unsur Perencanaan

Unsur – Unsur Perencanaan

Menurut Manullang (2009:41), rencana yang baik pada umumnya memuat enam unsur yaitu what, why, where, when, who, how. Selanjutnya menurut Hasibuan (2008 : 112), pertanyaan-pertanyaan ini harus dijawab secara ilmiah, artinya atas hasil analisis data, informasi, dan fakta, supaya rencana yang dibuat itu relatif baik, pelaksanaannya mudah dan tujuan yang diinginkan akan tercapai. Pertanyaan itu secara rinci berupa:

1. What (apa)
Apa yang akan dicapai, tindakan apa yang harus dikerjakan untuk mencapai sasaran, sarana dan prasarana apa yang diperlukan, harus ada penjelasan dan rinciannya

2. Why (mengapa)
Mengapa itu menjadi sasaran, mengapa ia harus dilakukan dengan memberikan penjelasan, mengapa ia harus dikerjakan dan mengapa tujuan itu harus dicapai.

3. Where (di mana)
Di mana tempat setiap kegiatan harus dikerjakan. Perlu dijelaskan dan diberikan alasan-alasannya berdasarkan pertimbangan ekonomis.
4. When (kapan)
Kapan rencana akan dilakukan. Penjelasan waktu dimulainya pekerjaan baik untuk tiap-tiap bagian maupun untuk seluruh pekerjaan harus ditetapkan standar waktu untuk memilih pekerjaan-pekerjaan itu. Alasan-alasan memilih waktu itu harus diberikan sejelas- jelasnya.
5. Who (siapa)
Siapa yang akan melakukannya, jadi pemilihan dan penempatan karyawan, menetapkan persyaratan dan jumlah karyawan yang akan melakukan pekerjaan, luasnya wewenang dari masing-masing pekerja.
6. How (bagaimana)
Bagaimana mengerjakannya, perlu diberi penjelasan mengenai teknik-teknik pengerjaannya.

J.S. Tjeng Bing Tie (1964) dalam buku Dasar-dasar Manajemen yang ditulis M. Manulung berpendapat bahwa perencanaan mengandung unsur-unsur sebagai berikut:

1. Tujuan Organisasi
Menjelaskan rencana apa yang menjadi tujuan, tujuan tersebut dapat bersifat materiil untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, maupun bersifat moral dalam rangka melaksanakan tugas pemerintah diantaranya dalam melayani masyarakat.

2. Politik Organisasi
Merupakan peraturan atau pedoman yang digariskan bagi tindakan organisasi untuk mencapai tujuan dengan hasil baik.

3. Prosedur
Memuat prosedur, yakni urutan pelaksanaan yang harus dilakukan dalam melakukan tindakan.

4. Anggaran Belanja
Yaitu ikhtisar dari hasil-hasil yang diharapkan tercapai dan pengeluaran yang diperlukan untuk mencapai hasil tersebut, yang dinyatakan dalam angka.

5. Program – Kegiatan
Merupakan rangkaian tindakan untuk waktu yang akan datang.

Suatu perencanaan yang komprehensif harus memperhatikan unsur – unsur penting sebagai berikut :
Visi dan misi.

  1. Permasalahan, penyebab dan prioritasnya.
  2. Tujuan rencana pemecahan masalah.
  3. Kebijakan kesehatan.
  4. Rencana usulan kegiatan.
  5. Rencana pelaksanaan kegiatan dan perkiraan hambatan.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Unsur – Unsur Perencanaan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Unsur – Unsur Perencanaan berguna untuk anda.

Leave a reply "Unsur – Unsur Perencanaan"

No related post!